Setiap individu ingin sekali memiliki sebuah pekerjaan yang baik, mapan dan prestisus dalam hidupnya, sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya. Setiap pekerjaan yang dilamar pasti akan bersaing dengan pelamar lain yang mencoba pekerjaan tersebut, sehingga kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan kandidat pencari kerja yang akan berjuang mati-matian untuk memperoleh pekerjaan tersebut. Setiap pencari kerja harus memiliki curriculum vitae yang menarik perhatian perekrut, oleh karenanya artikel ini akan membahas Cara Membuat CV agar dapat di panggil oleh HRD.
Tentu kamu nggak mau dong usaha dan upaya kerja keras kamu mendapatkan pekerjaan terhenti sampai di screening atau shortir CV. Nah, supaya hal tersebut dapat kamu lalui hingga proses interview berikut beberapa informasi penting oleh penulis yang dapat kamu terapkan dalam membuat riwayat hidup yang keren supaya menarik perhatian HRD. Apa saja langkahnya, simak penjelasannya berikut ini.
1. Deskripsikan dirimu singkat, padat, dan jelas
Biasanya ketika membuat CV ada banyak kekeliruan menjelaskan detail personal identitas dengan selengkap-lengkapnya. Well, sebagai informasi yang diperoleh dari salah satu consultant cv writing bahwa ketika menulis personal indentitas pribadi di CV, Kamu hanya perlu menyebutkan dan menjelaskan informasi penting saja. Coba ceritakan siapa diri kamu dalam satu paragraf, artinya informasi tersebut adalah sudah merangkum dan menjelaskan siapa kamu, sehingga HRD dengan mudah mengindentifikasikan minat dan potensi kamu dalam bekerja. Ini penting karena dalam proses reqruitment HRD malas membaca lama-lama, apalagi CV yang nggak jelas arah dan tujuan dalam melamar pekerjaan. Contohnya sebut dan jelaskan nama, usia, latarbelakang pendidikan, pengalaman bekerja, kelebihan dan passion kamu.
2. Informasi pendidikan terakhir
Banyak kesalahan saat melamar pekerjaan, di mana semua riwayat pendidikan ditulis. Kamu mungkin akan berpikir bahwa CV akan terlihat menarik jika semua riwayat pendidikan disertakan, namun HRD hanya akan fokus dengan dua pendidikan terakhir kamu. Infokan dengan detail mengenai riwayat pendidikan terakhir kamu dan usahakan ditulis dengan cara yang kreatif.
3. Informasi skill di sesuaikan dengan posisi yang akan dilamar
Kembali lagi HRD hanya membutuh waktu kurang dari 5 menit untuk membaca keseluruhan CV kamu, sebaiknya cantumkan skill yang sesuai dengan posisi yang kamu lamar. Intinya, informasi yang perlu kamu sampaikan adalah sesuatu yang bersifat singkat, padat, dan jelas, sesuai dengan jabatan yang dilamar. Contohnya, misal saat ini kamu melamar untuk posisi writer, tentunya skill yang kamu tulis adalah yang berhubungan dengan bidang penulisan, seperti SEO, content writer, atau sejenisnya.
4. Informasi pengalaman bekerja terakhir
Jika kamu freshgraduate yang masih mencari kerja, tentunya pengalaman kerja kamu belum banyak. Apalagi benar-benar belum memiliki pengalaman kerja. Jika kamu pernah mengikuti kegiatan magang atau pun freelance baiknya di informasikan. Menjadi nilai plus apabila kegiatan magang atau freelance sesuai dengan posisi yang kamu lamar.
Sebaiknya informasikan dengan cukup singkat dan jelas mengenai riwayat pekerjaan kamu. Dan sebaiknya juga jika kamu memiliki riwayat pengalaman bekerja yang cukup banyak, ada baiknya ngga perlu kamu informasikan semuanya. Cukup informasikan riwayat pengalaman bekerja terbaru dan pekerjaan yang memiliki korelasi dengan posisi yang saat ini kamu lamar.
5. Informasi contact person dicantumkan dengan jelas
Kesalahan
fatal yang harus kamu hindari saat melamar kerja baik melalui email atau
mengirim hardcopy perlu menjadi kewajiban alamat email tersebut harus
domain resmi email kamu, seperti abdulrojani197@gmail.com. Gunakan domain email
resmi dan hindari domain email kantor saat ini kamu bekerja atau email yang
sifatnya nggak serius, contoh chiko_sweat@yahoo.com. karena jika
mengirimkan surat lamaran kerja melalui email resmi kantor, kamu di cap sebagai
pribadi yang tidak bertanggung jawab dalam mempergunakan fasilitas kantor yah
seperti salah satunya email kantor saat ini kamu bekerja. Nomor telepon yang di
cantumkan juga adalah nomor yang valid. Seperti nomor HP atau nomor telepon
rumah. Lagi, jangan cantumkan nomor tlp kantor atau lain sebagainya. kontak nomer ini sangat penting agar kamu dapat dengan mudah di hubungi oleh HRD
6. Hobby dan minat yang sesuai dengan posisi yang dilamar
Infokan hobby dan minat yang sejalan dengan posisi saat ini kamu lamar. Maka, ada baiknya hobi dan minat yang tidak sejalan dengan pekerjaan yang dilamar nggak perlu kamu infokan. Hal ini untuk menghindari gagal paham oleh HRD.
7. Jangan terlalu jujur dan berlebihan
Aturan dalam menulis CV yang profesional adalah jangan terlalu jujur, apalagi terkesan berlebihan. Karena biasanya jika informasi yang kita cantumkan terlalu berlebihan akan menjadi tanda tanya besar bagi pihak HRD. Sehingga, biasanya akan dilakukan validasi untuk memastikan informasi yang kamu cantumkan. Cantumkan saja informasi yang standar sesuai dengan bidang pekerjaan kamu lamar saat ini yang ada juga korelasi dengan posisi sebelumnya, dan pencapaian yang pernah kamu dapatkan sesuai dengan bidang pekerjaan itu.
Idealnya dalam menulis CV yang keren dan menarik ini layaknya kamu membuat branding image mengenai siapa kamu. Jadi, sudah tahu kan cara membuat CV yang menarik dan keren? Good luck.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar